Jumat, 25 Oktober 2019

SEKILAS GOOGLE FORM


Pada jaman seperti sekarang ini memeng dibutuhkan Fasilitas-fasilitas modern untuk memudahkan akses informasi. Untuk itu google menbuat inovasi baru di era modern ini dalam rangka memudahkan akses data elektronik. Salah satu diantaranya adalah Google Form.Google Form atau yang disebut google formulir adalah alat yang berguna untuk membantu Anda merencanakan acara, mengirim survei, memberikan siswa atau orang lain kuis, atau mengumpulkan informasi yang mudah dengan cara yang efisien. Form juga dapat dihubungkan ke spreadsheet. Jika spreadsheet terkait dengan bentuk, tanggapan otomatis akan dikirimkan ke spreadsheet. Jika tidak, pengguna dapat melihat mereka di “Ringkasan Tanggapan” halaman dapat diakses dari menu Tanggapan.
Salah satu alasan dari banyak pengguna yang mungkin tidak menyadari Google Forms adalah bahwa mereka ditemukan bukan sebagai aplikasi terpisah, melainkan sebagai bagian dari Google Drive. Dengan demikian, untuk membuat formulir baru, Anda harus terlebih dahulu login ke Gmail atau Google Apps. Dengan Spreadsheets memungkinkan untuk menunjukkan bagaimana anda dapat menggunakan software ini untuk mengajukan berbagai pertanyaan, termasuk di mana pengguna anda merespon dengan jawaban teks sederhana atau respon teks lebih lanjut. Anda dapat meminta pertanyaan pilihan ganda, daftar pertanyaan, pertanyaan skala, dan banyak lagi. Ketika berbagi formulir anda dengan orang lain, anda dapat mengatur mereka untuk tampil dengan tema yang mengesankan dengan akses yang mudah.
Kelebihan google form antara lain:
 1.Sangat mudah digunakan. Google Form sangat mudah untuk digunakan, termasuk dalam pembuatan maupun pemakaiannya. Dengan kemudahannya tersebut, Google Form ini sangat cocok untuk digunakan untuk seorang pemula.
2 Gratis. Anda dapat menikmati layanan Google Form secara gratis. Dengan kelebihan ini, Anda tidak perlu membuang uang untuk membeli aplikasi maupun layanan seperti pembuatan formulir. Karena Google Form tersedia secara gratis, atau bebas biaya.
3Programnya cukup ringan. Tidak seperti program lainnya, Google Form termasuk memiliki program yang ringan. Sehingga Anda dapat menggunakannya tanpa adanya kendala.
4. Bisa dibagikan. Kelebihan Google Form yang dapat kita gunakan yaitu dapat dibagikan ke berbagai plaform. Kelebihan ini sangat bermanfaat karena dengan membagikannya , kita dapat membuat semua orang bisa mengisi kuis maupun kuisioner yang telah kita buat untuk mengumpulkan informasi.
5.Memiliki fitur SpreadSheets. Salah satu kelebihan Google Form yang sangat penting yaitu, Google Form memiliki fitur Spreadsheets. Anda dapat melihat tanggapan survei yang telah dikumpulkan pada formulir secara rapi dan juga otomatis. Dan juga Anda dapat melihat info dari tanggapan waktu dan juga grafiknya dengan fitur Spreadsheets ini

adapun kekurangan google form ini antara lain
Kekuangan google form adalah

1.tidak bisa digunakan sebagai forum diskusi

2.tidak bisa menggunakan equation dengan secara langsung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar